Entri Populer

Selasa, 08 Februari 2011

Jumlah Penumpang Terminal 3 SEpi






JAKARTA, beritatercepat — Akibat penutupan operasi PT Mandala Airlines, jumlah penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Januari 2011 turun hingga 62,88 persen menjadi 20.000 orang. Persentase tersebut setara dengan 33.886 penumpang dari Desember 2010.

"Dampak tidak beroperasinya Mandala sangat terasa dengan turunnya jumlah penumpang di Terminal 3," ucap Direktur Utama PT Angkasa Pura II,Tri Sunoko akhir pekan lalu.

Terminal 3 selama ini dipergunakan oleh dua maskapai penerbangan berbiaya murah, yaitu PT Mandala Airlines dan PT Indonesia AirAsia. Pada Desember 2010, jumlah penumpang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mencapai 53.886 orang.

Dari jumlah itu, penumpang Mandala mendominasi dengan jumlah sebanyak 33.982 orang. Sisanya adalah penumpang dari PT Indonesia AirAsia berjumlah 19.764 orang.

Penurunan jumlah penumpang juga bisa terlihat dari jumlah penumpang per hari. Sebelum Mandala berhenti beroperasi, jumlah penumpang rata-rata per hari di Terminal 3 mencapai 1.796 orang. Saat ini, jumlah rata-rata penumpang per hari hanya sebanyak 667 orang.

Sebagai informasi, jumlah penumpang Mandala secara keseluruhan pada tahun 2010 mencapai 2,5 juta orang. Sementara jumlah penumpang AirAsia pada tahun lalu secara keseluruhan mencapai 3,97 juta orang.

Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II Salahudin Rafi mengatakan, posisi Mandala di terminal 3 belum akan digantikan. Hal itu sesuai dengan keputusan Pengadilan Niaga (PN) Jakarta Pusat yang memberikan kesempatan 45 hari kepada Mandala untuk merestrukturisasi perusahaan. "Kami tunggu perkembangannya nanti," ujar Salahudin.

Meski demikian, Salahudin mengaku ada beberapa maskapai lain yang mengajukan penggunaan Terminal 3. Sayangnya, dia enggan menyebut maskapai-maskapai yang berminat itu. (tian43a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar