Entri Populer

Senin, 24 Januari 2011

Waspada Cuaca Buruk Besok

Kemungkinan ini didukung oleh aktivitas badai tropis ”LAURENCE” di daratan Australia bagian barat dan daerah tekanan rendah di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera yang berpengaruh terhadap aktivitas pertumbuhan awan – awan hujan di wilayah Indonesia sebelah barat dan selatan khatulistiwa.

Faktor pendukung lainnya adalah adanya daerah pumpunan angin di sepanjang pesisir barat Sumatera serta daerah pumpunan angin yang memanjang dari Maluku Tengah hingga Papua utara yang mendukung pertumbuhan awan – awan hujan di sekitar daerah tersebut. Kondisi suhu muka laut di perairan sebelah timur dan selatan Khatulistiwa yang masih cukup hangat mendukung suplai uap air ke wilayah tersebut.

Selain itu aktivitas konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal yang membuka peluang bagi pertumbuhan awan – awan konvektif dan berpotensi menimbulkan hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir dalam waktu tidak terlalu lama.

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang adalah pesisir timur Sumatera bagian utara; pesisir barat Sumatera; Sumatera bagian utara, tengah dan selatan; Kalimantan bagian barat, tengah dan selatan; Jabodetabek; sebagian besar pulau Jawa; Sulawesi bagian utara, tengah dan selatan; Bali dan Nusa Tenggara; Maluku bagian utara dan tenggara; Papua bagian tengah dan selatan(tian43a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar